Masuk

Ingat Saya

Pemuda dan Terorisme

Seberapa pentingkah peran pemuda dalam pencegahan terorisme?

Pemuda adalah generasi penerus bangsa yang akan melanjutkan estafeta kepemimpinan sebuah negara di masa yang akan datang. Oleh karena itu pemuda memiliki peran vital dalam segala aspek kehidupan bernegara.

Pemuda memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan kemana arah nasib bangsa kita. Sejarah mencatat rezim Soeharto yang telah berkuasa selama 32 tahun berhasil ditumbangkan oleh semangat revolusi yang berkobar dalam diri para pemuda yang menginginkan perubahan.

Sebagai aset bangsa pemuda diharapkan dapat berkontribusi dalam membantu dan menjaga kestabilan negara. Sebab tugas menjaga ketertiban dan kestabilan negara bukan hanya tugas para aparat negara saja tapi merupakan kewajiban seluruh warga yang berada di wilayah NKRI. Upaya untuk menjaga stabilitas negara hendaknya tidak serta-merta dibebankan kepada aparat penegak hukum saja tetapi sebagai warga negara yang baik hendaknya kita memiliki kesadaran untuk sama-sama bersinergi dalam usaha menjaga ketertiban dan keamanan negara. Demi mewujudkan negara yang aman, damai dan sejahtera tentu dibutuhkan usaha yang gigih dan saling bahu-membahu dan melibatkan semua elemen-elemen yang berada dalam sebuah negara.

Jika di tangan pemuda lah bergantung nasib sebuah bangsa tentu kita harus memberikan perhatian khusus terhadap generasi muda. Sebab jika generasi muda Indonesia bersikap apatis dan cuek terhadap kondisi yang menimpa bangsanya lambat laun akan mengalami kemunduran bahkan berujung pada kehancuran.

Maka dari itu para pemuda harus dibangun kesadarannya bahwa peran dan kontribusi mereka sangat penting terhadap perkembangan sebuah bangsa termasuk dalam hal terorisme yang dapat mengganggu stabilitas nasional sebuah negara.

Lantas apa yang harus dilakukan pemuda dalam usaha pencegahan terorisme?
Para generasi muda Indonesia khususnya pelajar dan mahasiswa harus diberi pemahaman dan bekal agar mereka tidak terjebak dalam lingkaran setan terorisme.

Para pemuda harus diberikan pemahaman yang benar mengenai ajaran agama dan negara serta pengamalan agama dalam bernegara. Sehingga tidak ada lagi ajaran agama yang berbenturan dengan kehidupan bernegara.

Selain diberi pembinaan mengenai ajaran agama dan kehidupan bernegara mereka juga perlu diberikan pemahaman mengenai apa itu terorisme dengan segala bentuk dan macamnya serta dampaknya terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara.

Setelah diberikan pemahaman yang utuh mengenai terorisme baru kita ajak untuk sama-sama bersinergi mengkampanyekan gerakan anti terorisme melalui karya-karya positif sesuai dengan kreativitas mereka. Misal dengan menyalurkan ide-ide mereka lewat tulisan, meme, karikatur dan berbagai karya positif lainnya.

Salam Damai

#DamaiDalamSumpahPemuda

Dengan